brahmana, ksatria, waisya, syudra

BRAHMANA, KSATRIA, WAISYA, SHUDRA….sebuah penggolongan kasta menurut Catur Varna yang pernah saya dapatkan di pelajaran sejarah waktu SMA dulu…hmmm pikir-pikir lucu juga, ada penggolongan tingkat/strata seseorang berdasarkan status sosial…jika diaplikasikan pada saat sekarang mungkin bisa juga digunakan untuk penggolongan tingkat masyarakat berdasarkan jenis pekerjaan masing-masing…mudah-mudahan saya gak salah persepsi, sometimes saya mikir bisa gak ya Kasta Brahmana menjadi Kasta Ksatria, Waisya atau Shudra…thus sebaliknya, bisa gak ya Kasta Shudra yang merupakan kelompok kasta yang katanya paling rendah bisa naik menjadi Kasta Waisya, Ksatria atau Brahmana…well it depends how hard they try i guess…whatever lah…cuma yang saya rasakan dari dulu, nampaknya saya masuk Kasta Shudra deh…coz dari dulu status saya gak naik-naik…hehe no matter how hard ill try…i just want usefull for somebody…even cuma untuk someone yang notabenenya orang terdekat…cuma kadung udah melekat jabatan “Orang Cemen” yang bikin orang liat sebelah mata doangwelll..life it just a gift...ini cuma kontemplasi…penghayatan diri sebelum tidur, ternyata yah inilah saya…saya merasa bahwa  inilah hidup,  ..sambil terus berusaha mudah-mudahan Si Cepot bisa jadi Arjuna….jadi Shudra, Ksatria atau Brahmana…Betul betul betul…? ya sudahlah….

About fredy birowo

35 years journey the world View all posts by fredy birowo

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

